Senin, 07 Agustus 2017

Aspek Kebahasaan dan Fungsi Kebahasaan

Aspek Kebahasaan“Bahasa merupakan suatu sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol   (bunyi ujaran ) yang bersifat arbiter, yang dapat diperkuat dengan gerak-gerik badan yang nyata.Hal itu merupakan simbol, karena rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia harus diberikan makna tertentu yang dapat di serap panca indra”. Fungsi KebahasaanFungsi bahasa dapat diturunkan dari dasar dan motif pertumhbuhan bahasa itu sendiri. Dasar dan motif pertumbuhan bahasa itu dalam garis besarnya dapat berupa:

a. untuk menyatakan ekspresi diri. 

b. Sebagai alat komunikasi.

c. sebagai alat untuk mengadakan integrasi(pembaruan) dan adaptasi sosial.d. sebagai alat untuk mengadakan kontrol sosial. Kesimpulan

Kemahiran berbahasa bertujuan melancarkan komunikasi yang jelas dan teratur dengan semua anggota masyarakat. Memungkinkan terpeliharanya tata sosial, adat istiadat, kebiasaan dan sebagainya melalui pengkhususan dari fungsi komunikatif tadi. Jadi yang paling utama dari kemahiran berbahasa adalah pemakaian bahasa secara baik untuk kepentingan tiap individu dalam masyarakat, untuk kebaikan umat masyarakat itu sendiri.Kemahiran berbahasa akan sangat baik berperan dalam kehidupan masyarakat jika diimbangi dengan moral yang baik.


semoga bermanfaat mohon maaf jika masih belum semprna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tarian Pena (Virginia C.C. Pomantow)

Sumber gambar cerpen : Buku Bahasa Indonesia